Mesin laser cutting Oree O-C 1309

Mesin laser cutting untuk potong dan grafir

Mesin laser cutting – Ini adalah salah satu jenis mesin yang banyak digunakan dalam bidang advertising, dan juga dalam bidangan industri kerajinan, ada beberapa jenis mesin ini yang memiliki kemampuan tersendiri, beserta dengan kelebihan dan kekurangannya.

Jual mesin laser cutting terbaik

Laser cutting

Untuk mesin ini sendiri hanya 2 jenis saja yang lebih populer daan banyak digunakan, meskipun ada beberapa jenis lagi yang tersedia, untuk yang umum digunakan yaitu jenis CO2 laser dan fiber laser, keduanya memiliki kemampuan yang jauh berbeda.

Mesin laser cutting CO2

Ini adalah yang paling banyak digunakan, mesin laser cutting CO2 banyak dipakai untuk memotong ataupun melakukan proses grafir / engraver, dan mayoritas yang digunakan adalah produk asal China, karena dari segi harga jual memang jauh lebih murah dibandingkan dengan produk asal Jepang ataupun Eropa.

Mesin laser cutting Oree O-C 1309

CO2 laser cutting

Menggunakan tabung laser CO2, dan untuk powernya tersedia beberapa pilihan, mulai dari 60 watt hingga 280 watt (yang umum digunakan), dan semakin besar power laser yang digunakan, semakin tebal pula bahan yang dapat dipotong.

Pada jenis mesin laser cutting CO2 ini juga terbagi menjadi 2 pilihan, yaitu non-metal dan metal, maksudnya adalah ada yang hanya dapat digunakan untuk memotong bahan non metal saja, serta ada yang dapat digunakan untuk memotong bahan metal juga.

Kepala mesin laser cutting akrilik

Laser cutting non-metal

Untuk non-metal biasanya digunakan untuk memotong bahan acrylic, mdf, kulit, serta beberapa jenis bahan lainnya, power dari mesin tersebut berkisar mulai dari 60 watt hingga 130 watt, dengan power 130 watt bisa untuk memotong bahan acrylic yang memiliki ketebalan hingga 2 cm.

Yang dapat dipergunakan untuk memotong bahan metal adalah mesin laser cutting dengan power mulai dari 150 watt, namun untuk bahannya sendiri terbatas, biasanya hanya stainless dan carbon steel, dan itupun dengan bahan yang tidak terlalu tebal.

Hasil potong mesin laser cutting CO2 metal

Hasil potong bahan metal

Kelemahan dari jenis metal ini apabila digunakan adalah hasil potong yang tidak terlalu rapi ketika memotong bahan metal, biasanya hasil potong agak kasar dan tidak terlalu rata, sehingga dibutuhkan finishing lagi untuk membuat bahan hasil potongannya menjadi lebih halus.

Harga mesin laser cutting CO2

Harga mesin laser cutting CO2 tergantung dari power serta tipe mesin tersebut, dengan power 130 watt dan ukuran bidang area kerja 130 x 90 cm harga jenis non metal berada di angka 110 jutaan, sedangkan dengan ukuran yang sama tetapi memiliki power 150 watt berada di harga 195 jutaan untuk yang bisa memotong bahan metal.

Mesin laser cutting akrilik

Laser cutting acrylic

Lalu mesin yang memiliki ukuran lebih besar, yaitu 130 x 250 cm untuk jenis non metal mencapai 190 jutaan dengan power 130 watt, sedangkan yang memiliki power 150 watt dan dapat memotong bahan metal mencapai 260 jutaan dengan ukuran yang sama.

Mesin fiber laser

Mesin fiber laser berbeda peruntukannya, karena hanya dapat dipergunakan untuk memotong bahan metal saja, tidak dapat dipergunakan untuk memotong bahan non-metal, namun kualitasnya jauh lebih baik, dari segi hasil potong maupun kecepatannya.

Mesin fiber laser stainless steel

Mesin fiber laser

Powernya sendiri jauh lebih besar jika dibandingkan dengan mesin laser cutting CO2, untuk fiber laser ini powernya mulai dari 300 watt hingga ribuan watt, untuk yang menggunakan power 300 watt bisa memotong bahan stainless steel dengan ketebalan hingga 1,5 mm.

Ada juga dari jenis mesin fiber laser metal ini yang dapat di pergunakan untuk memotong bahan kuningan dan tembaga, namun tentu saja dengan ketebalan tertentu, untuk yang menggunakan power 700 watt bisa memotong bahan kuningan dengan ketebalan 1 mm.

Hasil potong mesin laser cutting metal ini jauh lebih baik, tidak perlu melakukan finishing untuk menghaluskan hasil potongan seperti mesin CO2 laser, dan memotong desain kecil juga tetap didapatkan hasil yang baik, bidang area kerja dari fiber laser juga rata-rata berukuran besar.

Sedangkan kelemahan dari mesin fiber ini salah satunya adalah pada harga jualnya yang cukup tinggi, jauh lebih mahal dibandingkan dengan CO2 laser tadi, namun memang ini sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh mesin ini.

Mesin laser cutting kuningan

Fiber laser

Harga mesin fiber laser dengan power 300 watt mencapai 630 jutaan, bidang area kerjanya 130 x 250 cm, sedangkan untuk yang memiliki power 700 watt mencapai 1,1 M, utamanya adalah dari power laser dari mesin tersebut yang memiliki pengaruh terhadap harga.

Mesin laser cutting terbaik

Sulit untuk menentukan mesin laser cutting terbaik, karena banyak faktor yang berpengaruh, tidak hanya dilihat dari hasil kerjanya saja, juga dari stabilitas dan kualitas mesin tersebut, berat dari mesin juga berpengaruh terhadap daya tahannya.

Selain dari fisiknya, yang juga berpengaruh adalah support dan aftersales dari penjualan, dan akan lebih baik lagi jika memiliki service center resmi, sehingga jika terjadi kendala suatu saat tidak akan bingung mencari spare parts atau dukungan teknisi.

Jangan hanya melihat dari harga jual mesin laser cutting saja, akan lebih baik untuk melihat langsung demo dari mesin tersebut apabila memang berminat untuk membeli, dan perhatikan mengenai latar belakang penjual atau perusahaan supplier tersebut, agar tidak salah dalam memilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *